MOTTO PAPAJI MEDAN

Kamis, 16 Juni 2011

Kerapatan Supit Belakang dan Brutu Serta Besar Kecil Ukuran Brutu

Tulang supit menggambarkan keadaan tulang di dalam tubuh ayam. Bila tulang supit tebal dan keras, maka bisa diartikan tulangan dalam tubuh ayam juga keras dan tebal.
Tulangan yg kokoh memungkin otot2 menempel dan tumbuh dgn baik. Maka jangan heran, ayam yg memiliki tulang supit tebal dan kokoh rata2 memiliki power yg baik dan lebih mudah dirawat.



Ada yg bilang :
Tulang supit yg rapat mencirikan pukulan yg cepat. Sy belum secara cermat membuktikan.
Tulang supit yg agak renggang mencirikan stamina ayam yg ekstra. Ini mungkin beralasan krn diantara kedua tulang supit yg agak renggang artinya ada ruang yg lebih luas bagi organ2 tubuh untuk leluasa mengembang dan 'bernapas' dalam kondisi lelah akibat bertempur lama.


Brutu adlh tempat bulu2 ekor tumbuh. Sementara ekor berfungsi sbg alat keseimbangan ketika ayam melompat melontarkan pukulan.
Brutu yg besar dan rapat ke badan memungkinkan ayam lebih bisa mengendalikan keseimbangan tubuh. Pada akhirnya bisa melontarkan pukulan dgn lebih cepat dan akurat.


Penjelasan diatas hanyalah sebagian teori pedukung saja. Pada kenyataannya, ayam yg memiliki pukulan yg keras dan akurat dipengaruhi juga faktor2 lain yg harus mendukung.
Selain faktor keturunan, cara perawatan sejak kecil juga berpengaruh pada kualitas tulang.



Untuk bentuk brutu dan kerapatan tulang supit, sepertinya sudah faktor keturunan. Induk jantan dan betina sama2 memiliki peranan.
Brutu bagian ekor, terdapat kelenjar minyak yang disebut pygostyle atau preen gland (glandula uropygial ). Kelenjar tersebut terdiri dari sepasang kelenjar (bi-lobed ), berbentuk alveolar bercabang, tipe holocrin.kelenjar tersebut berukuran sebesar kacang kapri. Seckret dari kelenjar minyak ini mengandung safioniviable lipid, nonsaponifiable lipid, dan alcohol . pada sel
sekretarinya kaya akan nonspesific esterase dan asam fosfatase. Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar ini dipatuk dengan paruh atau disebut preening ( menyisir bulu ) .guna meminyaki bulu .
dan coba bayangkan bila ayam ngak ada Brutu bagaimana jadinya itu bulu ayam pasti akan jadiSupit adlh ujung tulang di dalam tubuh ayam. Kalau supit tebal dan keras, itu menandakan tulangan ayam di dalam tubuhnya juga tebal dan kuat.
Dgn tulangan yg tebal dan kuat, otot2 bisa tumbuh maksimal. Tidak heran kalau pukulannya juga keras.
Ayam dgn supit yg tebal dan kuat, biasanya badannya juga mantap, enak di pegang.
Bandingkan dgn supit yg lembek dan tipis. Badannya pasti meletot2 lembek.
Memang ada yg percaya ada juga yg tidak perihal brutu harus besar-rapat atau tidak.
Tapi secara logika, brutu itu adlh tempat tumbuhnya bulu ekor. Ekor beguna utk keindahan penampilan dan sbg alat bantu keseimbangan pada ayam.
Semakin besar brutu seharusnya memungkinkan ekor bertambah lebat dan panjang.
Maka semakin indah ayam dilihat.
Dgn brutu yg rapat, lebih memudahkan ayam utk mengontrol keseimbangannya, terutama ketika memukul. Biasanya ayam dgn brutu yg rapat memiliki pukulan yg lebih akurat. Tapi ini juga terkait faktor anatomi lain dari ayam tsb dan karakternya masing2. Bukan hanya bergantung pada brutu.
sumber : papaji pusat

.