MOTTO PAPAJI MEDAN

Kamis, 16 Juni 2011

Menganalisa teknik

      kita jangan terjebak dgn 'keindahan' teknik semata. Pada prinsipnya, ayam dgn teknik bagus itu adlh ayam yg sulit dipukul. Gaya mengunci (ngalung) memang salah satu yg sulit dipukul. Tapi sebenarnya masih ada teknik lain yg sama2 sulit dipukul. Misalnya, ayam lari, ayam dibawah janggut, ayam ngendul, mendorong, ayam asor rapat ke tanah, dll. Ayam2 dgn gaya selain teknik ngalung memang kurang indah dilihat. Tapi cukup efektif juga utk meraih kemenangan.
Sebelum menganalisa teknik. Ada baiknya kita memahami prinsip2nya dulu.
Setiap individu yg bertarung harus memiliki pertahanan dan penyerangan yg baik. Teknik/gaya tarung ayam itu adalah sebuah pertahanan (defense), yaitu gaya atau cara ayam laga bertarung agar sulit dipukul musuh. Sementara utk serangan (offense), adlh pukulan yg akurat dan mematikan. 



Untuk meraih kemenangan, maka ayam harus punya pukulan yg baik. Dilain sisi, utk menghindari kekalahan, ayam harus punya teknik yg sulit dipukul. Jadi keduanya harus dimiliki seekor ayam petarung andalan.
Kalau kita perhatikan, ayam yg hanya memiliki serangan yg baik (pukulan) tanpa didukung pertahanan (teknik) biasanya menang dgn babak belur (mudah dipukul/diserang). Sementara ayam yg hanya mengandalkan teknik, sangat sulit utk menang meskipun sulit juga dikalahkan (sulit dipukul, tapi sulit juga memukul).


Jadi kesimpulannya, setiap ayam yg kalah atau seri harus dianalisa dulu. Apakah terlalu mudah dipukul (pertahanan/teknik kurang baik) atau daya serangnya yg buruk (pukulan kurang bagus).



teknik favorit yaitu :
1. Teknik Kuda lari ( marathon ).
Teknik ayam kontrol atas bawah jika dalam posisi terdesak lari keliling arena sambil balik cepat pukul mranggal lawan yang dalam posisi belum siap (ayam lebih bagus dengan pasangan jalu yang baik dan jalon)..
2. Teknik ayam Undur2.
Teknik ayam kontrol atas tapi tidak suka tumpang leher dan lebih senang pukul mranggal tanpa matuk, jika didorong lawan mundur sambil tarik dasi mukul salang/kepala lawan ( ayam pakai jalu lebih baik )
3. Teknik Brakot.
Teknik ayam kontrol atas bawah, jika saling kunci bisa ngambil pukulan ke badan / salang dengan pegangan punggung lawan ( mbrakot ).

4.Pola mainnya seperti belut .licin susah dipengang cerdik mencari peluang pukul dan brutal . pukulan sakit dan mematikan.serta rapat pukul , bila musuh sudah agak lemah langsung ambil alih di atas dan menberi pukulan dan ganti pola main Kontrol serta dapat pukul rapat .bila terdesak lagi teknis licin bagaikan belut main di dibawah ...biasanya ayam jenis kontrol dan ngelock susah hadapi ayam jenis demikian .
tidak ada gawe, tidak ada teknik, dan tidak ada gaya sama sekali, berdiri kokoh dengan mata mengontrol gerak lawan, dipukul diam saja, tapi sekali paruhnya dapat kepala lawan pukul keras dan menyakitkan, seketika itu KO, analisa tekhnik
1. Analisis teknik atau solah.
Menurut saya teknik atau solah ada dua macam yaitu teknik menyerang dan teknik bertahan. Analisis pribadi saya bahwa teknik menyerang yang baik adalah memukul dengan cepat dan tepat. Memukul cepat maksudnya ketika megang lawan langsung naik, jadi pukulan tidak begitu terganggu dengan teknik lawan. Memukul tepat yaitu tepat pada daerah kepala dan tempat vital( seperti yg diutarakan oleh abang2 kita yaitu tepat di7 daerah di kepala) dan biasanya sering menggunakan daerah jalu dan meskipun pelan lawan bisa hilang percaya diri. Kalau teknik bertahan yang baik menurut saya yaitu akan mendorong lawan ketika ingin dipegang sehingga sulit untuk melancarkan pukulan yang maksimal, dan cepat melepaskan diri pada saat terdesak dari serangan lawan.
2. Analisis teknik dengan kemenangan.
Ini merupakan hal yang sulit karena menurul analisis saya teknik merupakan faktor yang kecil dalam penentu kemenangan ayam bila sudah bertarung diarena. Mengapa? contoh meskipun ayam menang teknik dan banyak mukul tapi bila lawan punya pukulan lebih bagus teknik yang bagus bisa kalah, atau bila pukulan lebih bagus dan teknik pun bagus tetap ada kemungkinan kalah bila kalah biasa atau kalah jajal atau kalah otot atau kalah rawat ( disini mental dianggap sama)



sumber : papaji pusat
















.